TIPS MEMILIH BAHAN DAN MACAM MACAM JENIS BAHAN


   Sebaiknya sebelum kita membeli sebuah bahan/kain sebaiknya kita tau dulu kwalitasnya, karna bagus dan tidaknya pakaian yg akan kita buat nanti jenis bahan/kain sangat berpengaruh. macam dan jenisnya berbeda beda, yaitu dari serat tekstil dan serat asli/alam.
  Dalam memilih kain, sebaiknya kita perlu mengetahui jenis jenis kualitasnya. ada 4 macam jenis kain menurut asal seratnya;
1.SERABUT  SELLULOSA
Serabut serat ini terdiri dari serabut rayon viskosa, kopromonium, serabut buah,serabut daun, serabut batang dan serabut biji.
SIFATNYA; kuat dan padat, terasa lebih berat dari serabut lainya, sejuk saat dipakai, karna mempunyai sifat pengantar panas.
2.SERABUT PROTEIN
Serabut ini terdiri dari; sutera, wol,dan bulu binatang yg lain, seperti wol susu danvikara.
SIFATNYA; lebih peka terhadap obat obat kimia dibandingkan dg serabut SELLULOSA. sangat higriskopis, tidak tahan panas dan memiliki sifat mudah kusut.
3.SERABUT TERMO PLASTIK
Serat ini terdiri poliester , poliakrilik, polivinil chlorida, poliamida, dan asetat.
SIFATNYA;  kuat dalam keadaan basah atau kering, awet , elastis,  dan daya isap terhadap air sangat kurang dan tidak tahan panas.
4. SERABUT MINERAL
Serat ini terdiri dari serat gelas, asbes dan benang logam.
SIFATNYA;  tahan dalam segala cuaca, kuat, kurang mengisap air,  tidak udah terbakar dan tidak mudah kusut,
Beberapa hal yg harus kita perhatikan;
- asal serat
- pembuatan kain
- pembuatan benang
- penyempurnaan kain

  pastikan pemilihan bahan anda sesuai dg baju yg akan anda buat, sebab kualitas dan pemilihan bahanlah yg bagus dan benar akan menentukan hasil akhir dari busana yg akan kita buat. selamat memilih semoga tips ini bermanfaat.